Kenali Jenis Lipstik Ini untuk Dapatkan Hasil yang Tepat

Memilih lipstik buat cewek rasanya kayak memilih jodoh. Harus cari di antara sekian banyak yang “hadir” dan beredar, cobain, baru bisa pilih yang tepat. Kalau belum cobain dan belum kenal, tentu enggak bakal bisa tahu apakah lipstik itu udah tepat atau belum. Makanya, kamu pun perlu kenalan dulu, nih, sama jenis-jenis lipstik. Khususnya buat kamu yang sering merasa enggak cocok sama lipstik yang dipakai, kamu perlu banget tahu jenis-jenis lipstik ini. Biar bisa nemuin yang tepat juga.

Lipstik Matte

Lipstik dengan hasil akhir matte ini singkatnya adalah lipstik dengan hasil akhir tanpa kilau. Jadi, warna yang muncul enggak ada unsur kilaunya sama sekali. Karena itu, enggak jarang lipstik matte ini selalu punya tekstur yang ringan. Meski kadang tampil dalam bentuk lip cream, teksturnya juga enggak lengket.

Lipstik matte beberapa tahun terakhir juga jadi tren di dunia tata rias karena warnanya yang pigmented dan enggak gampang pudar, dengan variasi warna yang lebih beragam. Variasi warna lipstik Wardah Matte, misalnya, cukup beragam, mulai dari red, berry, bright, sampai nude. Ada 18 pilihan warna lipstik Wardah matte ini dan semuanya bisa dipakai di berbagai kesempatan.

Lipstik Glossy

Meski lipstik matte masih jadi idola sampai sekarang, penggemar lipstik glossy pun enggak pernah habis. Buat yang suka tampilan yang lebih segar dan cenderung ceria, lipstik glossy adalah pilihan tepat. Belum lagi kalau kamu punya bibir yang kering, kamu tentu butuh pelembap yang bakal lebih praktis kalau ada di lipstikmu. Makanya, lip gloss atau lipstik glossy bisa jadi solusinya. Punya hasil akhir berkilau dan banyak pelembap, kamu enggak bakal mengalami bibir pecah-pecah kalau pakai lip gloss. Tapi, warnanya pun jadi cepat pudar dan cenderung kurang pigmented.

Lipstik Satin

Kalau kamu enggak mau yang bikin cracky tapi juga enggak suka yang berkilau, pilihan kamu bakal jatuh kepada lipstik satin. Perpaduan antara lipstik matte dan creamy ini cocok di bibir kamu karena hasilnya yang semi-matte, tapi juga punya efek melembapkan. Warna-warnanya pun cenderung berani dan terang, cocok buat dipakai di acara khusus.

Baca Juga :  Tips cara mengecilkan pori-pori besar

Lipstik Sheer

Buat kamu yang suka tampilan warna yang lebih natural, kamu bisa pakai lipstik sheer ini. Lipstik sheer ini biasanya cocok buat para remaja yang enggak mau terlihat terlalu menor, tapi juga mau bibir mereka merona. Warnanya cenderung transparan, tapi kamu juga bisa menemukan beberapa lipstik sheer yang punya varian berwarna. Tapi, warnanya pun cenderung soft banget, ya, dan enggak mungkin pigmented karena memang supaya terlihat natural di bibir kamu.

Lipstik Velvet

Beda lipstik matte, beda lipstik satin, beda lagi sama lipstik velvet ini. Lipstik velvet adalah perpaduan 3 jenis lipstik sekaligus, yaitu lipstik matte, glossy, dan creamy. Jadi, hasil akhirnya bakal terlihat agak matte, tapi juga creamy dan cenderung berkilau. Lipstik jenis ini cocok buat kamu yang mau bibir tetap lembap tapi juga kepengin lipstik yang warnanya pigmented.

Lipstik Creamy

Nah, yang terakhir ini buat kamu yang mau maksimal melembapkan kulit dengan warna lipstik ang enggak gampang hilang. Teksturnya agak cair dan memang punya fungsi melembapkan karena mengandung vitamin E dan shea butter di dalamnya. Beda sama lip gloss yang memberi kesan bibir basah, lipstik creamy justru memberikan kesan lembap yang sebenarnya. Hasil akhirnya akan terlihat lembut di bibir kamu dan tentunya mengilap.